poster tentang yang disunnahkan sebelum tidur

Panobasan
Rabu 12 Agustus 2020
#Hari ke 29

Nama: Siti Aisyah
Jurusan: PGMI
DPL: Ibu Nursyaidah, M.Pd

Nah ternyata sebelum tidur ada sunnah sunnah yang diajarkan Rasulullah kepada kita jadi selain berdoa ada adab yang sesuai sunnah nabi
1. WUDHU SEBELUM TIDUR
“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)
2. BACA AYAT KURSI
Sebagaimana keterangan hadis Nabi dalam Kitab Fadha’il Qur’an : Apabila kamu naik tempat tidurmu, bacalah ayat kursi. Selamanya kamu akan disertai penjaga dari Allah dan setan tidak akan mendekat kepadamu (HR Bukhari)
3. BERSIHKAN TEMPAT TIDUR
Dari Abu Hurairah ra , “Rasulullah bersabda, ‘Jika seseorang kalian menuju ranjangnya maka hendaklah dia mengibas ranjang dengan sarungnya, karena dia tidak tahu apa yang ada di atasnya.
4. MENIUP TELAPAK TANGAN DAN MENGUSAPKANNYA KEANGGOTA TUBUH
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)
5. BERDOA SEBELUM TIDUR
6. POSISI MIRING KE KANAN
Usahakan tidur miring ke kanan, menghadap kiblat. Kepala di utara - kaki di selatan. tangan di pipi, kalo tidur telentang usahakan kaki kanan diatas kaki kiri.
Semoga bermanfaat...
Sumber: umma.id

#KKL-DRIAINPadangsidimpuan
#IAINPadangsidimpuan2020
#Desapanobasan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari ke-4 (Alissamiah Amelia Rambe)

HASNAH SIREGAR Catatan Harian KKL-DR IAIN Padangsidimpuan di Panobasan

Catatan Harian KKL-DR IAIN Padangsidimpuan di Desa Panobasan Dolok