HASNAH SIREGAR Catatan Harian KKL-DR IAIN Padangsidimpuan di Panobasan

PANOBASAN
KKL-DR HASNAH SIREGAR

       KKL - DR IAIN PADANGSIDIMPUAN
NAMA: HASNAH SIREGAR
NIM: 1720500117
JURUSAN: PGMI 
DPL: ISMAIL BAHARUDDIN, M.A
                    

 Hari pertama Rabu tgl 15 Juli 2020
Assalamualaikum teman-teman 
Saya Hasnah Siregar
Jurusan. PGMI
Dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah mengabdi kepada masyarakat tentunya mengikuti Protokol kesehatan. Saya siap untuk berkontribusi dan siap mengikuti KKL_DR IAIN Padangsidimpuan 2020
#IAIN Padangsidimpuan
#KKL_DR Panobasan kec. Angkola Barat
Salam Pengabdian
Malam ke 2 kamis tgl 16 Juli 2020
Pertemuan pertama bersama kepala desa dan NNB dengan acara diskusi dan musyawarah tentang program kuliah kerja lapangan sekaligus pasahat pamatang . di PANOBASAN kec Batang ANGKOLA. 

Hari ke 3 Jumat tgl 17 Juli 2020
Acara penyambutan bapak bupati & ibu bupati 
Hari ke 4 sabtu tgl 18 Juli 2020
Apotik Hidup 
yang akan di tanamkan beberapa tanaman, berupa sayuran, rempah-rempah dan apotik berjalan. Ini juga merupakan ilmu dari bidang pertanian dan perkebunan hingga kita juga perlu mengetahui tata cara bibit membibit sayuran.
Tujuannya adalah apabila sayuran ini tumbuh dan subur bisa dipanen masyarakat atau para ibu-ibu yang ingin memasak sayuran.
#KKL-DR IAIN PADANGSIDIMPUAN
Hari ke 5 minggu tgl 19 Juli 2020
Mari sama kenali apa maksud dari corona virus/ Covid-19. Dan mari sama kenali proses penyebaran Corona Virus. Agar kita senantiasa bisa menjaga diri dan keluarga kita dari corona virus/ Covid-19.
#kkl_dr_iain_psp
Hari ke 6 senin tgl 20 Juli 2020
Sosialisasi dengan dinas kesehatan mengenai *NEWNORMAL* 
new normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
Meski era new normal sudah mulai diterapkan, tetap lakukan:
Physical distancing, mengurangi kontak fisik,jika tidak urgent tetap dirumah, rajin mencuci tangan, menggunakan masker, membawa hand sanitizer.
#KKL-DR2020
#IAINPadangPADANGSIDIMPUA
Hari ke 7 selasa tgl 21 Juli 2020
Kegiatan yang dilakukan ialah membuat cuci tangan dgn menggunakan ember, menjaga kebersihan & mencuci tangan agar terhindar dari virus yang terkhusus nya sedang pandemi itu ialah virus covid-19. 
Utamakan kesehatan jasmani serta menjaga jarak dari keramaian. ☺


Hari ke 8 Rabu tgl 22 Juli 2020
Prosedur Mencuci Tangan dengan baik & benar😉
Hari ke 9 kamis tgl 23 Juli 2020
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Adapun aktivitas kegiatan KKL-DR saya di kantor lurah, kelurahan panobasan, kecamatan Angkola Barat. Pada tanggal 
Yaitu tentang Kebersihan.
Kebersihan itu bukan hanya untuk lingkungan saja. Akan tetapi kebersihan itu bisa juga dari hati.

Mungkin itu saja kegiatan aktivitas saya.
Dan jangan lupa untuk kawan-kawan
Like, coment, and shere.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari ke 10 Jumat tgl 24 Juli 2020
Kebersihan mesjid Nurul Huda panobasan kec Angkola Barat & sekitarnya
Hari ke 11 sabtu tgl 25 Juli 2020
Pemberdayaan ekonomi ummat di daerah New ninormal

Hari ke 12 minggu tgl 26 Juli 2020
 Pemberdayaan sumber daya masyarakat
Sehubungan dengan pandemi yang masih belum usai, sehingga banyak terjadinya PHK atau los job. Sehingga pemasukan tidak seperti biasanya, akhirnyabanyak masyarakat yang bingung untuk menggeluti bidang apa saja yang memungkinkan untuk ditekuni dan menghasilkan.
Nah saya mencoba menggambarka kepada masyarakat bahwa ada beberapa benda yang cocok kita geluti di masa pandemi ini. Yaitu :
1. Masker kain
2. Handstanitizer
3. Ramuan herbal yang berbahankan jahe, kunyit, kayu manis, kencur, temulawak, kapulaga, daun serai, lengkuas,dll.
4. Frozeen foood (makanan yang bisa  dibekukan). Seperti nugget, sosis, bakso, somay, donat, dll.
Dan ini bisa di promosikan lewat online sehingga tidak perlu melakukan kontak langsung dengan para konsumen. 
#kkl_dr_iain_psp

Hari ke 13 Senin tgl 27 Juli 2020
Assalamualaikum wr wb....
Dalam kegiatan kkl DR kali ini saya ataupun kami menghimbau dan memberitahukan kepada masyarakat desa panobasan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan new normal dalam masa pandemi covid 19 agar terhindar dari wabah tsb.


# kkl DR IAIN PSP
# IAIN PSP 2020

Hari ke 14 selasa tgl 28 Juli 2020
Menyebut sistem new normal, tentunya kita harus membiasakan disiplin agar tetap nyaman dan aman walau diluar rumah. Ayo siapkan keperluan apa saja yang wajib ada dan harus kamu bawa!
- sering cuci tangan
- Selalu pakai masker saat keluar rumah
- tetap jaga jarak
- langsung mandi saat pulang kerumah
#kkl_dr2020_iainpadangsidimpuan 
#iainpadangsidimpuan 
Hari ke 15 Rabu tgl 29 Juli 2020
#KKL-DR IAIN Padangsidimpuan

8-9 Dzulhijjah adalah 2 hari yang dianjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakan puasa Sunnah, yaitu puasa tarwiyah dan puasa arafah.
  Alhamdulillah.. bertepatan pada hari ini Rabu, 8 Dzulhijjah 1441 H/29 Juli 2020 M. Selamat dan semangat bagi yg sedang melaksanakan puasa Sunnah Tarwiyah..

 Dan untuk hari besok lanjut ke hari Kamis, 9 Dzulhijjah 1441 H/30 Juli 2020 M. Dengan izin Allah, mudah-mudahan tetap masih bisa menunaikan puasa Arafah.

🌹Semoga Amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Dan mengampuni setiap dosa kita ..Amiin🌹

Niat puasa 👉Puasa Arafah👇


Hari ke 16 kamis tgl 30 Juli 2020
Penyemprotan disinfektan dalam rangka menyambut idul adha di mesjid panobasan kecamatan Angkola Barat
Hari ke 17 Jumat tgl 31 Juli 2020
Nama: Hasnah Siregar
Nim: 1720500117
Prodi: Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah (PGMI)
DPL: Ismail Baharuddin, M.A

Agar ibadah kurbannya sah menurut syariat, seorang yang hendak berqurban harus memperhatikan kriteria-kriteria dari hewan yang akan disembelihnya. Kriteria-kriteria tersebut diklasifikasikan sesuai dengan usia dan jenis hewan qurban. Perhatikan gambar berikut heheh
Seperti yang kita tau sebelumnya, memiliki ilmu itu baik, akan tetapi akan lebih baik lagi jika kita saling berbagi ilmu kepada sesama. Saya akan singgung sedikit mengenai:
Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

Tata cara sembelih hewan Kurban dan syarat pada momen Idul Adha 2020 yang juga akan berlangsung di tengah pandemi virus corona atau covid-19 penting untuk dipahami. Maka prosesi Kurban harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di era New Normal atau tatanan kehidupan baru.

Perlu diketahui, Kurban berasal dari kata Kurbani yang memiliki arti dekat atau mendekatkan. Istilah ini juga dapat disebut Uddhiyah atau Dhahiyyah dan secarah harfiah dapat diartikan sebagai hewan penyembelihan. Ritual Kurban ini menjadi salah satu ibadah umat Islam dengan cara menyembelih seekor hewan ternak yang dipersembahkan untuk Allah SWT.

Saat ini dunia tengah dihadapkan dengan pandemi virus yang tak kunjung usai. Dengan begitu, menjelang hari Idul Adha Pemerintah Indonesia meminta agar prosesi ritual Kurban dilakukan dengan menambahkan beberapa persyaratan demi menjaga kesehatan masyarakatnya. Berikut adalah tata cara sembelih hewan Kurban di pandemi corona lengkap dengan Doa dan syarat yang sudah dirangkum dari Kemenag dan berbagai sumber.

Syarat Penyembelihan Hewan Kurban
Pemerintah Indonesia meminta kepada Kementerian Agama agar momen penyembelihan hewan Kurban pada 2020 ini yang akan berlangsung di tengah pandemi virus corona ini tetap mengindahkan protokol kesehatan yang sudah ada. Berdasarkan surat edaran nomor SE. 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, ini beberapa syarat yang perlu diperhatikan:

Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing)

Menurut surat edaran yang resmi diterbitkan oleh Kementerian Agama, jaga jarak fisik atau physical distancing yang perlu dilakukan meliputi:

1. Pemotongan hewan kurban dilakukan di area memungkinkan penerapan jarak fisik.

2. Penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban.

3. Pengaturan jarak antar panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging.

4. Pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik.

Penerapan Kebersihan Setiap Panitia
Tidak hanya diterapkan jaga jarak fisik antar satu sama lainnya. Penerapan kebersihan setiap atau personal panitia harus dilakukan, seperti berikut:

1. Pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu atau jalur masuk tempat penyembelihan dengan alat pengukur suhu oleh petugas.

2. Panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan.

3. Setiap panitia yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan dan pendistribusian daging hewan, harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan.

4. Penyelenggara hendaklah selalu mengedukasi para panitia agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, serta sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

5. Panitia menghindari berjabat tangan atau kontak langsung serta memperhatikan etika batuk atau bersin atau meludah.

6. Panitia yang berada di area penyembelihan harus segera membersihkan diri (mandi) sebelum bertemu anggota keluarga.

Kebersihan Alat yang Harus Diperhatikan
Selain itu ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan terkait diselenggarakannya penyembelihan hewan Kurban pada momen Idul Adha di tengah pandemi corona, salah satunya adalah kebersihan alat. Berikut adalah penerapan kebersihan alat berdasarkan surat edaran resmi oleh Kemenag:

1. Melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai
dilaksanakan.

2. Menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.

Tata Cara Sembelih Hewan Kurban
Terdapat juga tata penyembelihan hewan kurban yang perlu dipahami agar dapat memenuhi syariat agama Islam. Dilansir dari Muhammadiyah.or.id berikut adalah tata cara penyembelihannya:

1. Menggunakan alat penyembelihan yang tajam.

2. Menghadapkan hewan yang disembelih ke arah kiblat.

3. Berdoa.

Berikut doa yang harus dibaca setelah menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat:

tata cara sembelih hewan kurban

4. Menyembelih Hewan Kurban.

5. Memutus atau memotong bagian tenggorokan dan dua urat nadi yang ada di leher hewan.

Urutan Bacaan Doa Sembelih Hewan Kurban

Adapun urutan bacaan doa sembelih hewan kurban yang benar. Dilansir dari Islam.nu.or.id, berikut urutan bacaan doa ketika melakukan proses sembelih hewan kurban:

1. Baca “Bismillâh”

بِسْمِ اللهِ

Artinya, “Dengan nama Allah”

Lebih sempurna “Bismillâhir rahmânir rahîm”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

2. Baca sholawat untuk Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”
3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamdu. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Baca doa menyembelih

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm. Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

#kkl_driainpadangsidimpuan2020
#kkl_driainpadangsidimpuan
#iainpadangsidimpuan

Hari ke 18 sabtu tgl 1 Agustus 2020
Mendirikan bendera d desa panobasan barat kecamatan batang angkola
Hari ke 19 minggu tgl 2 Agustus 2020
Bedoa juga sebaik nya ngikutin uratan nya, semoga doa-doa kita di ijabah oleh Allah Swt.
Hari ke 20 senin tgl 3 Agustus 2020
Manusia diciptakan menjadi bangsa dan suku untuk saling mengenal (QS Al-Hujurat: 13). Seperti Indonesia, negara dengan suku, ras, budaya, bahasa, agama yang sangat berbeda, dan sebagainya. Meski beragam, Indonesia tetap satu.

Keanekaragaman di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Kebijakan nasional inilah yang menyatukan keragaman sebelumnya, termasuk keanekaragaman dalam memeluk agama dan dalam mempraktikkan ajaran agama yang dianutnya. 

Moderasi berAgama tidak terbatas pada agama, tetapi lebih luas karena dapat menyentuh berbagai aspek, termasuk perlindungan dan pelayanan umat beragama. Termasuk keseimbangan dalam merangkul mereka yang telah jatuh ke dalam radikalisme, terorisme, dan ekstremisme.

#KKLIAINPadangsidimpuan2020

Hari ke 21 Selasa tgl 4 Agustus 2020
Pembagian masker untuk mencegah penyebaran covid 19 di desa panobasan kecamatan Angkola barat 
Hari ke 22 Rabu tgl 5 Agustus 2020

Hari ke 23 Kamis tgl 6 Agustus 2020
Nama: Hasnah Siregar
DPL: H. Ismail Baharuddun, M.A

The Miracle Of Puasa Senin & Kamis...
Yuk Puasa Senin & Kamis
"Segala Amal Perbuatan Manusia Pada Hari Senin & Kamis Akan Diperiksa Oleh Malaikat, Karena Itu Aku Senang Ketika Amal Perbuatanku Diperiksa Aku Dalam Kondisi Sedang Berpuasa"
(HR. Tirmidzi)

#Kkldriainpadangsidimpuan
Hari ke 24 Jumat tgl 7 Agustus 2020
Nama: Hasnah Siregar
DPL: H. Ismail Baharuddin, M.A

Hy dear...
Ini hari jum'at
Yuk Baca Al-Kahfi😊

#Kkldriainpadangsidimpuan

Hari ke 25  Sabtu tgl 8 Agustus 2020
mari lebih bijak dalam menyikapi imformasi covid yg benar
agar tidak terlalu resah dengan isu isu yg tak benar
#kkldriainpadangsidimpuan2020

Hari ke 26 minggu tgl 9 Agustus 2020
Yuk biasakan zikir pagi dan petang
Hari ke 27 Senin tgl 10 Agustus 2020
Assalamualaikum teman-teman kali ini saya akan mengisi blog saya dengan membahas tentang relasi agama dan kesehatan terhadap sikap makan dan minum berdiri. Islam mengajarkan kita bahwa setiap pekerjaan itu ada adab di dalamnya, ada cara yang kita contohkan dari rasul yang slalu kita jadikan panutan kita sebagai umatnya. Ya begitupun dengan makan dan minum. Dalam hadist sudah dicantumkan yang sekira-kira isinya: لاتشربن احدكم قائما
Yang artinya janganlah kamu minum dalam keadaan berdiri. 
Nah teman-teman pasti kalian bertanya, lalu bagaimana dengan makan? Jika minum saja di larang berdiri apabila dengan makan.
Jika kita hubungan dengan kesehatan makan dan minum berdiri dapat menimbulkan masalah-masalah dalam organ tubuh seperti masalah pada lambung. Pencernaan dan berkurangnya keseimbangan tubuh. Jadi teman-teman mari kita tinggalkan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh kita. Mungkin cukup sampai disini semoga bermanfaat ✊🏻
فاستبقواالخيرات✊
Waalaikumsalam
#KKL-DR IAIN PSP

Hari ke 28 Selasa tgl 11 Agustus 2020
Tips mengendarai sepeda motor 
Hari ke 29 Rabu tgl 12 Agustus 2020
Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa panobasan di era new normal yaitu bercocok tanam ubi julur dan bengkoang kemudian di pasarkan di pasar tradisional untuk di olah menjadi makanan pokok atau makanan lainnya.
Hari ke 30 kamis tgl 13 Agustus 2020
pemberdayaan ekonomi ummat di era new normal.



















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari ke-4 (Alissamiah Amelia Rambe)

Catatan Harian KKL-DR IAIN Padangsidimpuan di Desa Panobasan Dolok